Bermegahlah karena mengenal dan memahami Tuhan

Oleh : Jesri HT Purba

Yeremia 9:23-24

Beginilah firman TUHAN: “Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya,  tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN.” (The LORD says, “Wise men should not boast of their wisdom, nor strong men of their strength, nor rich men of their wealth. If anyone wants to boast, he should boast that he knows and understands me, because my love is constant, and I do what is just and right. These are the things that please me. I, the LORD, have spoken.”)

Ada banyak hal yang dapat membuat seorang manusia bermegah dan bangga. Tidak sedikit orang yang berduit, yang punya jabatan dan pengaruh berbangga dan bermegah dan bahkan sombong.

Pada Firman Tuhan diatas, kita telah diingatkan bahwa tidak boleh bermegah, bangga karena kita memiliki semuanya. Mengapa demikian? Karena segala sesuatu yang kita punya adalah berasal dari Tuhan, sehingga harus kita hormati juga otoritas Tuhan yang telah memberikan berkatNya ke orang lain secara berbeda-beda. Ketika kita memandang rendah seseorang yang miskin, sesungguhnya kita sedang  menghina Sang Penciptanya, yaitu Allah.

Kebanggaan dan kemegahan yang sejati harus didasarkan pada pengenalan kita terhadap Tuhan. Ketika kita sudah memahami (menyatu) dan mengenal Allah, itulah kemegahan yang sesungguhnya. Tidak ada yang bisa menggantikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *